Selasa, 01 Maret 2011

ATTACKER / DEFENDER ?????

Attacker adalah pasukan penyerang yang memiliki status menyerang yang lebih dominan
daripada status bertahannya.Sedangkan Defender adalah pasukan bertahan yang memiliki status bertahan lebih dominan daripada status menyerangnya.


Untuk menyerang kota sudah wajib menggunakan pasukan penyerang daripada menyerang dengan menggunakan pasukan bertahan. Dan yang paling tidak dihimbaukan adalah membawa pasukan penyerang dan pasukan bertahan dalam perang, karena akan memakan korban lebih banyak. Ini karena berhubungan dengan yang namanya RAW attack dan RAW defense yang akan saya jelaskan di kesempatan berikutnya.

Unit pasukan penyerang setiap kerajaan berbeda – beda dan Anda dapat melihat status mereka di baracks,  istal, kamp pelacak. Sebagai contoh kerajaan Wei, yang dimaksud dengan penyerang tipe infantry adalah unit Pengawal (guardsman) & tipe kavaleri adalah kav ringan (light cav), kavaleri Qing (Qing cav). Untuk unit bertahan wei tipe infantry adalah infantri berat (heavy inf), ahli pedang (swordsman), meskipun ahli pedang juga memiliki status menyerang yang cukup baik di awal, akan tetapi ahli pedang akan sangat berfungsi sebagai unit bertahan terhadap tipe kav di pertengahan game, karena mereka memiliki status pertahanan terhadap kavaleri yang baik dibandingkan unit infantri lainnya. Sedangkan Qing Cav selain bisa dipakai untuk menyerang juga bisa dipakai untuk bertahan karena mereka memiliki pertahana terhadap infantri dan kavaleri diatas rata rata unit Wei lainnya.
Untuk lebih mengerti status maka saya akan mengambil contoh untuk Wu (karena saya senang bermain Wu). Status berikut adalah status kavaleri perempuan:







90 25 40 75 19
Female Cav memiliki status serang 90 attack. Untuk kondisi dalam menyerang hanya ada satu status berbeda dengan dalam kondisi bertahan yang memiliki dua status yaitu bertahan terhadap unit tipe infantry dan unit tipe kavaleri.  Dapat dilihat bahwa status menyerang kavaleri perempuan lebih domininan dari status bertahannya, oleh karena itu kavaleri perempuan disebut sebagai attacker.
90 attack 25 defend terhadap infantri 40 defend terhadap kavaleri
Pada kondisi bertahan di kota,  kavaleri perempuan kurang efektif karena apabila ada unit tipe infantri dari kota lain yang menyerang Anda, kavaleri perempuan Anda tidak akan sanggup mengatasinya apalagi melihat pertahanannya terhadap serangan unit tipe infantri sangatlah lemah, yaitu hanya 25.
Mari kita lihat apa yang akan kita gunakan untuk bertahan melawan unit tipe Infantry. Kita akan mengambil perbandinagn kavaleri berat (heavy cav) sebagai contoh:






45 115 55 35 16
Kavaleri berat sangatlah tidak dianjurkan untuk menyerang karena hanya memiliki serangan sebesar 45 (sangat tidak efektif). Akan tetapi coba anda perhatikan status pertahanannya. 115 terhadapap unit tipe infantri. Heavy Cav memiliki pertahanan yang paling kuat terhadap infantri dan yang seperti kita sudah ketahui unit infantri terkuat adalah dari kerajaan wei yaitu pengawal (guardsman) yaitu memiliki serangan 70. Bandingkan saja dalam kondisi bertahan 115 – 70, maka dapat dipastikan infantry yang menyerang akan kalah melawan kavaleri berat yang bertahan.  Namun unit ini sangatlah lemah terhadap kavaleri terutama kavaleri Qing (Qing cav), jadi jangan pernah coba coba menahan serangan kavaleri Qing dengan menggunakan kav berat. Untuk menahan kavaleri Qing, gunakanlah Kav kawal (Guard Cav), dimana pertahanan terhadap kavaleri sangat kuat dan memiliki serangan yang lumayan sakit. Kalo kata rekan saya dahulu ” Depan Belakang Sakiiittt” itulah istilah yang dipakai untuk menyebut Kavaleri  kawal (Guard Cav). Akan tetapi Kavaleri Kawal tidak efektif bertahan melawan tipe unit infantri.
Anda dapat melihat status Kavaleri Kawal dibawah ini:






140 50 165 65 13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar